Protal Informasi Paket Wisata, Sewa Motor, Sewa Mobil, Sewa Bus

Portal Informasi Terlengkap Tentang Paket Wisata, Sewa Motor, Sewa Mobil, Sewa Bus Harga Termurah. Banyak Pilihan Promo 2018

You are here: Home - Kesehatan


Category Archives: Kesehatan

Arti Kode dan Simbol Pada Kemasan Obat

Arti Kode dan Simbol pada Kemasan Obat. Setiap kali membeli obat biasakan untuk membaca kode dan simbol-simbol yang tertera pada kemasannya. Karena pada kemasan itulah biasanya terdapat keterangan yang dapat menjawab pertanyaan kapan, apa, darimana dan untuk apa obat tersebut sebenarnya. Agar terhindar dari penggunaan obat-obatan yang salah, kadaluarsa, obat tanpa izin edar, hingga obat palsu, dapat di lihat dari kode dan simbol yang ada di kemasan.

Kode dan simbol pada kemasan obat ada banyak jenisnya. Ada yang beruba lingkaran warna, huruf yang di lingkari, gambar hingga kode-kode huruf dan angka. Dalam Kesempatan ini, bindoth.com ingin berbagi tentang arti kode dan simbol pada kemasan obat sehingga anda bisa memahami maksudnya.

Simbol Kemasan Obat

Simbol Kemasan Obat

1. Arti Kode Huruf BPOM untuk Obat

Setiap obat yang layak memiliki izin edar pasti mempunyai nomor registrasi produk yang di keluarkan oleh BPOM. Nomor Produk tersebut biasanya di awali dengan kode POM yang di ikuti dengan kode jenis obat lalu 12 atau 15 digit angka.

Contohnya :

POM DT 09044234A1

POM DKL 9218703549A1

POM TR 123664631

Arti Kode Huruf BPOM pada kemasan Obat adalah sebagai berikut:

1. Huruf pertama (berwarna merah pada contoh diatas) selalu berisi salah satu dari huruf berikut ini yang artinya: D (obat dengan nama dagang), atau G (obat generik)
2. Huruf kedua (berwarna biru pada contoh diatas) selalu berisi salah satu dari huruf ini yang artinya: B (obat bebas), T (obat bebas tidak terbatas), K (obat keras), P (psikotropika), dan N (narkotika)
3. Huruf ketiga (berwarna hijau pada contoh diatas) menunjukan asal obat yang menggunakan salah satu dari huruf ini yang artiny: L (obat lokal) dan I (obat impor)

Selain kode-kode huruf diatas, ada juga produk yang hanya menggunakan 2 kode huruf seperti pada contoh nomor tiga: POM TR 123664631. Selain TR ada beberapa kode huruf 2 digit yang terdapat pada nomor Refistrasi BPOM, yang artinya adalah:

  • TR = Obat tradisional produksi dalam negeri
  • TI = Obat tradisional Import
  • SD = Suplemen produksi dalam negeri
  • SI = Suplemen Impor

2. Arti Simbol / logo Lingkaran Warna pada kemasan Obat

Yang saya temui, ada 4 simbol lingkaran warna dan huruf pada kemasan obat yang pernah saya lihat. Keempat simbol lingkaran warna dan huruf tersebut memiliki arti yang penting karena menunjukan jenis obat yang terdapat di dalamnya secara sekilas pandang. Ke empat simbol lingkaran warna tersebut adalah:

Simbol obat bebas
Obat Bebas adalah obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Pada kemasan ditandai dengan lingkaran hitam, mengelilingi bulatan berwarna hijau.
Simbol Obat Bebas terbatas
Obat bebas terbatas yaitu obat yang digunakan untuk mengobati penyakit ringan yang dapat dikenali oleh penderita sendiri. Obat bebas terbatas termasuk obat keras dimana pada setiap takaran yang digunakan diberi batas.
Simbol Obat Keras
Obat keras adalah obat yang hanya boleh diserahkan dengan resep dokter.
Simbol obat Narkotika /Psikotropika
Obat narkotik adalah obat yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

info dari getataka.com

Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis dan Putih Telur

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan putih telur. Banyak sekali cara memutihkan wajah secara alami yang dapat kita lakukan untuk perawatan kecantikan wajah kita. Salah satunya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Berbeda dengan cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang pernah detbu.com berikan tipsnya, yang begitu sederhana dan rendah biaya. Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis ini membutuhkan bahan tambahan sebutir telur ayam yang diambil putihnya. Caranya hampir sama denga cara membuat masker jeruk nipis, karena pada intinya, cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis ini merupakan cara memutihkan wajah menggunakan masker jeruk nipis dan telur.

jeruk nipis

jeruk nipis

Seperti kita ketahui, putih telur dapat di gunakan untuk masker wajah karena mempunyai sifat lengket alami. Masker putih telur dapat mengangkat dan membersihkan pori-pori kulit dari kotoran dan minyak yang berlebihan. Adapaun jeruk nipis telah di percaya mempunyai kandungan antioksidan alami yang sangat baik untuk menetralkan radikal bebas yang biasanya akan menyebabkan flek-flek hitam di wajah. Dengan dasar ini, campuran jeruk nipis dan putih telur di harapkan dapat membersihkan wajah sekaligus menghilangkan flek-flek hitam sehingga wajah menjadi bersih dan putih.

Cara memutihkan wajah dengan Jeruk nipis dan putih telur

Untuk mengetahui bagaimana caranya memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan putih telur dapat dilihat langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan satu buah jeruk nipis dan sebutir telur ayam
  2. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya.
  3. Pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu masukan ke dalam mangkok kecil.
  4. Campurkan air perasan jeruk nipis dan telur hingga merata
  5. Oleskan campuran jeruk nipis dan telur ke kulit wajah anda secara merata
  6. Biarkan selama 15 menit atau tunggu sampai kering
  7. Lalu bilas wajah anda dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang empuk.
  8. Jika ingin hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin setiap hari sebelum anda tidur.

Konon katanya, selain bisa memutihkan wajah secara alami, masker jeruk nipis dan putih telur ini juga dapat mencegah munculnya komedo dan jerawat di wajah.

info dari jowobot.com